Kamis, 22 Maret 2012

TUGAS IBD 2

Buku  : Notes Left Behind
Pengarang : Brooke & Keith Desserich

                Buku ini menceritkan tentang seorang anak perempuan, Elena, yang menderita kanker otak disaat dia berusia 5 tahun, tetapi dia sangat mencintai keluarganya. Buat saya, mungkin sedikit ketidak adilan. Dia mempunyai seorang adik perempuan yang hanya beda 1 tahun darinya. Jarak usia yang sangat dekat antara kakak dan adik. Karena dia mempunyai adik itulah, bisa dikatakan bahwa dia kurang kasih sayang dari Ayah dan Ibu-nya. Berbagai cara dia untuk menunjukkan bahwa dia sangat mencintai keluarganya agar dia mendapatkan perhatian yang diinginkan.
                Tapi semua keadaan berubah setelah dia didiagnosis menderita kanker otak, yang akhirya meninggal sekitar 275 hari setelah tanggal diagnosis. Orang tua Elena benar-benar memberikan perhatian khusus karena takut akan hal yang mereka tidak inginkan terjadi. Tetapi selama Elena mengalami penurunan kondisi pada dirinya, Elena selalu memberikan satu hal yang menunjukkan bahwa dia sangat menyayangi keluarganya, baik berupa gambar, tulisan, atau pelukan.
                Menurut saya buku ini sangat bagus. Kita dapat belajar tentang bagaimana seharusnya menyayangi anak kita tanpa membedaka-bedakan. Disini juga terlihat sangat besar cinta kasih yang diberikan oleh Elena kepada keluarganya, begitu juga sebaliknya. Menjelaskan tentang bagaimana usaha seorang anak yang tidak pantang menyerah walaupun telah mengetahui apa penyakitnya dan tidak menginginkan bantuan orang walaupun tubuhnya benar-benar sudah tidak difungsikan lagi. Dapat memperlajari rasa kasih sayang seorang kakak kepada adiknya walaupun dia juga mempunyai rasa cemburu terhadap adiknya. Menjelaskan tentang bagaimana usaha seorang anak untuk dapat sembuh dari penyakitnya walaupun dia tahu ajalnya akan datang cepat. Buku ini sangat menginspirasi kita untuk bisa melakukan yang lebih, bersyukur bahwa kita masih mempunyai kesempatan untuk hidup, untuk bisa melihat keluarga kita secara utuh, untuk dapat mengasihi dan menyayangi mereka. Yang terpenting, buku ini dapat menyadari kita akan kasih sayang keluarga kepada kita dan juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar