Minggu, 11 Maret 2012

TUGAS IBD 1

Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.




Soal : Bagaimana kebudayaan yang Anda miliki mempengaruhi kehidupan kesejahteraan anda?
 
Pengaruh kebudayaan pada diri saya sangat besar,  baik secara sengaja maupun tidak. Beberapa contohnya adalah, orang tua saya mempunyai kebudayaan harus ada di rumah saat jam 6 petang. Banyak alasan atas itu, tetapi kebudayaan yang telah diberikan turun menurun tersebut membuat saya menjadi diri yang disiplin dan tahu akan batasan waktu.
Disamping itu seperti cara berpakaian yang saya kenakan, karena tinggal di daerah yang bersifat ketimuran, sehingga lebih menjaga gaya berpakaian. Tidak seperti orang barat yang bebas dalam berpakaian. Budaya ini pun membuat saya merasa lebih nyaman dalam menjaga diri di lingkungan sekitar. Dan juga mengetahui akan etiket dalam berpakaian yang benar.
Lebih mudah lagi, karena saya adalah orang Jawa, saya diajarkan oleh orang tua saya apabila menyapa orang yang lebih tua menggunakan sebutan kakak, dan apabila dengan yang lebih muda menggunakan sebutan adik. Budaya ini membuat saya merasa lebih sopan kepada orang yang lebih tua dari saya dan memberikan batasan dalam berperilaku.
Mungkin contoh secara global adalah, orang luar mempunyai kehidupan yang bebas, yang membuat mereka tidak tahu akan batasan mana yang baik dan tidak. Sehingga banyak sekali penyimpangan-penyimpangan seperti free sex. Berkebalikan dengan itu, orang kita (pribumi/timur) tidak melakukan kebiasaan tersebut. Budaya ini pun membuat saya menjadi lebih aman dalam bergaul, walaupun tetap harus memilah dan memilih mana yang pantas dan mana yang tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar