Jumat, 08 Juni 2012

TUGAS IBD 8


Manusia dan Tanggung Jawab
 Rangkuman Bab 9


A.        Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah berkewajiban untuk menanggung segala sesuatu, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atas segala perbuatan dan akibat atas kepentingan pihak lain. Bertanggung jawab bersifat kodrati, maksudnya sudah menjadi bagian kehidupan manusia.


B.        Macam-macam Tanggung Jawab
a.       Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi

b.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tanggung jawab ini juga merupakan kesejahteraan, keselamatanm pendidikan, dan kehidupan.

c.       Tanggung jawab terhadap masyarakat
Anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.

d.      Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di buni ini bukanlah tanpa tanggung jawab, sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman –hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai macam kitab suci.


C.        Pengabdian dan Pengorbanan
a.       Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan, hal itu berarti mengabdi kepada keluarga

b.      Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata koban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kita membaca atau mendengarkan kotbah agama. Dari kisah para tokoh agama atau nabi, manusia memperoleh tauladan, bagaimana semestinya wajib berkorban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar