Jumat, 08 Juni 2012

TUGAS IBD 9


Manusia dan Harapan
 Rangkuman BAB 11


A.        Pengertian Harapan
Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi. Dengan demikin harapan menyangkut masa depan.


B.        Sebab Manusia Mempunyai Harapan
1.         Dorongan kodrat
2.         Dorongan kebutuhan hidup
3.         Kelangsungan hidup
4.         Keamanan
5.         Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai


C.        Kepercayaan
Kepercayaan berasal dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan


D.        Berbagai Macam Kepercayaan

1.       Kepercayaan pada diri sendiri
Kepercayaan ini ditanamkan pribadi oleh manusia. Percaya diri sendiri hakekatnya percaya pada Tuhan Yang Maha Esa. Percaya diri sendiri menganggap dirinya tidak salah, dirinya menang, dirinya mampu mengerjakan yang diserahkan /dipercayakan kepadanya.

2.       Kepercayaan pada orang lain
Percaya kepada orang lain sudah tentu percaya kepada kata hatinya, perbuatan yang sesuai dengan kata hati, atau terhadap kebenaran.

3.       Kepercayaan terhadap pemerintah
Filsafat tingkah laku karya Prof.Ir. Poedjawiyatna
“Negara itu berasal dari Tuhan. Tuhan langsung memerintah dan memimpin bangsa manusia, atau setidak-tidaknya Tuhan memiliki kedaulatan sejati”

4.       Kepercayaan kepada Tuhan
Kepercayaan ini sangat penting, karena sebagai tali kuat yang dapat menghubungkan rasa manusia dengan Tuhannya. Bagaimana Tuhan dapat menolong umatnya apabila umat itu tidak mempunyai kepercayaan kepada Tuhannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar