Jumat, 09 Mei 2014

Rating ESRB




Entartainment Software Rating Board


Rating pada ESRB merupakan rating yang digunakan untuk video game dan aplikasi mobile  berupa peringkat umur. Rating ESRB ini berfungsi untuk menjadikan iklan dan pemsaran sebagai pedoman untuk indursti video game, sehingga dapat membantu perusahaan menerapkan praktik privasi online yang bertanggung jawab. Dan juga pemberian bahan-bahan yang sesuai umur, agar orang yang menggunakannya juga berkembang, bertanggung jawab, dan tidak bersifat negatif setelahnya.



Early Childhood

Merupakan rating yang dipakai untuk anak kecil, tepatnya usia dibawah delapan tahun. Dalam game ini biasanya berisi edukasi dan juga nilai moral yang ditunjukkan dalam sebuah game.


Everyone

Merupakan rating yang digunakan untuk semua umur. Mengandung sedikit fantasi, sedikit kekerasan ringan, berbentuk kartun, dan penggunaan bahasa didalamnya merupakan bahasa ringan (yang biasa digunakan).


Everyone 10+

Merupakan rating yang digunakan untuk usia 10 tahun ke atas. Objek yang digunakan lebih berbentuk kartun, fantasi. Menggunakan bahasa ringan yang dipahami oleh anak, dan juga memiliki tema yang sugestif untuk perkembangan dan kehidupan anak diusia tersebut.


Teen 

Merupakan rating yang digunakan untuk usia 13 tahun dan ke atas. Berisi sedikit kekerasan, memberikan tema sugestif di dalam permainannya, terdapat sedikit humor kasar, terdapat sedikit penampakan darah, terdapat simulasi perjudian atau penggunaan bahasa yang agak kasar.

Mature 17+ 

Merupakan rating yang digunakan untuk game yang dimainkan oleh usia 17 tahun keatas. Yang berisi konten yang tidak pantas, untuk dibawah umur 17 tahun. Yaitu kekerasan yang terus - menerus, dengan bahasa yang vulgar (tidak sopan) dan menyajikan adegan seksual (biasanya disensor). Artinya, tidak boleh dijual kepada anak yang dibawah 17 tahun.


Adults Only 18+

Merupakan rating hanya cocok untuk orang dewasa usia 18 dan ke atas. Mungkin termasuk adegan kekerasan berkepanjangan (intens), konten seksual secara grafis dan / atau perjudian dengan mata uang riil.

Rating Pending

Merupakan rating untuk game iklan. Belum diberi rating ESRB akhir. Muncul hanya dalam periklanan, pemasaran dan bahan promosi yang berkaitan dengan permainan yang diharapkan dapat membawa rating ESRB, dan harus diganti dengan rating permainan setelah telah ditetapkan.




REFERENSI :

http://www.esrb.org/ratings/ratings_guide.jsp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar