Pemodelan Geometris
Pemodelan geometris merupakan suatu cabang dari matematika terapan dan komputasi
geometri yang mempelajari tentang metode dan algoritma untuk deskripsi matematika
bentuk. Bentuk dalam pemodelan geometris kebanyakan 2D atau 3D,
karena 2D adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. 3D model adalah pusat untuk computer aided design dan manufacturing
(CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan
mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.
Biasanya geomtris model yang ditampilkan pada komputer adalah shape/bentuk, posisi, orientasim warna/texture, dan juga cahaya. Pada geometris model juga terdapat tingkatan kesulitan untuk membuat suatu objek, seperti menghubungkan beberapa bentuk sudut pada suatu permukaan bebas. Karena bentuk sudut tersebut harus pas ukurannya agar ketika disatukan gambarnya akan terlihat nyata.
* Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
* Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
* Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
* Elemen - Elemen pembentuk grafik
* Pemrosesan Citra untuk ditampilkan di layar
* Hardware Display Grafik : Vektor
- Vektor (calligraphic, stroke, random-scan)
- Arsitektur Vektor
* Hardware Display Grafik : Rester
- Rester (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer.
- Arsitektur Raster
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar