Senin, 08 Juni 2015

Analisa Website Tokopedia.com Menggunakan Alexa Rank


Apa arti Alexa rank ?

ALEXA RANK adalah sebuah peringkat yang diberian kepada sebuah blog atau website berdasarkan traffic atau pengunjung, yang perhitungannya dilakukan oleh Alexa.com. Peringkat penilaian dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Tapi peringkat atau penilaian di alexa sangat berbeda pada peringkatan di google rank, kalau di google rank semakin besar nilainya berarti semakin bagus, sedangkan di alexa adalah sebaliknya.

Berkut ini hasil analisis website tokopedia yaitu www.tokopedia.co.id menggunakan Alexa Rank.
(NB : dikarenakan tidak membeli toolkit alexa, sehingga info yang diberikan tidak lengkap. Ada beberapa yang harus di ”upgrade to view” yang mana user harus membeli toolkit ini untuk mendapatkan info lebih lanjut dan detail)

Let’s get start!!

Pada bagian “Browse Top Sites” diharuskan untuk memasukkan site yang akan di analisis traffic pengunjungnya. Disini diisi dengan “tokopedia.com”. kemudian memencet tombol find  dan akan langsung keluar tampilan selanjutnya




Bagian ini menjelaskan tentang seberapa populer situs tokopedia.com. Jika situs ini berada pada peringkat 842 dan posisinya sudah naik sebanyak 274 tingkat dari posisi terakhir. Dan berada pada posisi ke 16 khusus untuk wilayah Indonesia 



Terdapat presentase visitor dari wilayah diluar Indonesia, yang tentunya menggunakan situs tersebut


Bahkan terdapat top keyword dari mesin pencari yang membahas tentang “tokopedia” 

Terdapat pula pengamatan tentang situs apa yang user buka sebelum dan sesudah membuka situs tokopedia


Terdapat juga situs yang terhubung dengan tokopedia, baik yang berhubungan dengan pengiklanan dan lainnya


Terdapat nama-nama yang hampir menyerupai “tokopedia” yang terdeteksi oleh alexa ini


Bahkan terdapat jumlah visitor yang mengunjungi situs-situs yang dapat dikatakan “typpo” tersebut dan juga terdapat kecepatan seberapa cepat load dari tokopedia.com


Bahkan terdapat sedikit profile tentang tokopedia itu sendiri


Dan lebih detailnya terdapat data visitor dari tokopedia secara lebih detail seperti ini


Kesimpulan :
Untuk suatu perusahaan yang mempunyai website tersebut, toolkit seperti ini sangatlah membantu seberapa banyak yang terlah melihat website yang dimiliki. Bahkan secara detail baik yang berhubungan dengan gender, status pendidikan, tempat visitor tersebut membuka website ini. Secara keseluruhan dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan statistika seberapa baik website tersebut dapat berguna bagi masyarakat dan seberapa  buruk dapat merusak masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar